Profil Terlengkap Jose Mourinho

Tiga kata yang mungkin Anda langsung tangkap, kata itu terdiri dari Cerdas, penuh kontroversi dan suka dengan pemain bertype pekerja keras. Maka sudah pasti mengarah kepada sosok Jose Mourinho yang sudah mengenal dan menjejaki karir diberbagai liga elite Eropa.

Pria kelahiran Portugal yang memiliki keahlian dalam meracik strategi ini telah menjadi orang pertama yang sukses mengakhiri dominasi Barcelona di La Liga Spanyol maupun pentas Eropa dan semua ini terjadi dikala Mourinho mengarsiteki Real Madrid.

Nama Mourinho lantas disejajarkan sebagai pelatih tersukses dunia karena berhasil meraih dua gelar Liga Champions dua kali di dua klub berbeda. Kini nama Mourinho tak pernah berhenti mengejar puncak tertinggi dalam dunia sepakbola dan saat ini dia sedang menargetkan banyak gelar bersama Manchester United.

Nama Lengkap : Jose Mario dos Santos Mourinho Felix
Tempat Lahir : Setubal, Lisbon, Portugal
Tanggal Lahir : 26 Januari 1963
Klub Sekarang : Manchester United
Posisi : Pelatih
Negara : Portugal

Jose Mario dos Santos Mourinho Felix adalah nama terpanjang Mourinho yang mungkin sangat sulit untuk diingat oleh pecinta sepakbola. Namun tak mungkin mudah dilupakan ketika Mourinho sudah bisa dikatakan sebagai pelatih terbaik sepanjang sejarah sepakbola modern.

Meski begitu, akan menghadirkan keraguan ketika karir kepelatihannya tak sebanding dengan kesuksesannya ketika menjabat sebagai pemain. Sepanjang catatan yang ada, Mourinho hanya sanggup memikul beban pemain selama tujuh tahun sebelum akhirnya memutuskan gantung sepatu.

Keputusan pensiun itu terjadi pada musim 1987 dan memutuskan banting stir ke dunia kepelatihan klub sepakbola. Sempat merasakan pasang surut, Benfica FC adalah klub pertama yang dia asuh, tapi selang setahun saja, dia menangani klub amatir Uniao de Leiria.

Beruntung bagi Mourinho ketika ketertarikan datang dari FC Porto. Disinilah titik awal kesuksesan Mourinho hadir, dimana dia sukses mempersembahkan 6 trofi untuk Porto, termasuk Trofi Liga Champions 2004. Melihat kesuksesan sang pelatih, lantas masuk nama Chelsea yang tak ragu memberikan jaminan bayaran besar kepada Mourinho.

Di Chelsea, Mourinho menjelma sebagai pelatih buas dengan haus akan gelar. Terbukti dirinya sukses mempersembahkan tiga gelar Liga Primer Inggris dan banyak raihan gelar domestik lainnya. Tak puas disitu, Mourinho memutuskan pindah klub dengan bergabung di Inter Milan.

Di Inter Milan, dia pun mendapat kesuksesan yang baru pertama kalinya terjadi. Dia sukses mempersembahkan treble winner dengan mempersembahkan gelar Liga Champions untuk klub Serie A Italia tersebut. Tak merasa cukup, lantas Mourinho menuju Real Madrid dan hanya mampu mempersembahkan gelar domestik saja.

Sampai pada akhirnya kembali ke Chelsea lagi, namun disini dia hanya mampu memberikan satu gelar Liga Primer saja dan pada akhirnya harus berpindah klub kembali. Musim 2015 adalah titik baru dirinya dengan menjabat sebagai pelatih Manchester United.

Di Old Trafford pencapaian tertinggi Mourinho adalah sukses memberikan gelar Piala Liga dan juara Liga Europa. Kini dirinya sedang berjuang kembali di pentas Liga Champions.

Dengan kata lain, sosok Mourinho adalah pelatih yang selalu bisa memberikan gelar kepada klub yang diasuhnya. Menutup kemungkinan kecil adalah menghadirkan trofi Liga Domestik. Aura positif inilah yang mengantarkan nama Mourinho sebagai The Special One dan meraih berbagai penghargaan induividual termasuk Ballon d’Or untuk pelatih terbaik 2010.

Leave a Reply