Spanyol Siap Menyusul Italia dan Jerman dalam Penggunaan Teknologi VAR

Teknologi VAR yang saat ini sedang digunakan oleh Italia dan Jerman nampaknya telah menarik minat dari sepakbola Eropa lainnya. Dikabarkan dari sumber terpercaya menjelaskan jika Spanyol siap mengikuti Italia dan Jerman dalam menggunakan teknologi video tersebut.

Lebih dalam menjelaskan jika Federasi sepakbola Spanyol siap menggunakan Teknologi VAR pada musim 2018/19. VAR sendiri merupakan terobosan yang direkomendasikan oleh pihak FIFA. Penggunaan teknologi tayangan ulang itu digunakan untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan terkait gol, kartu merah, penalti dan pelanggaran-pelanggaran berujung keras.

Keluar dari Eropa, VAR juga sudah digunakan oleh liga Australia dan Brasil. Tak tanggung-tanggung, teknologi ini sudah mencakup kepada liga-liga terbaik dunia macam Serie A Italia dan Bundesliga Jerman. Namun bisa dikatakan masih sangat sulit bagi Premier League Inggris, dimana liga terbaik Inggris tersebut menjadi salah satu yang menolak keras teknolgi tersebut.

Meski masih terus menghadirkan kontroversi pada penggunaan VAR, La Liga Spanyol akan tetap ingin menggunakan teknologi tersebut di musim 2018/2019. Pembenaran ini bisa dilihat ketika presiden Federasi Sepakbola Spanyol, Juan Luis Larrea menyatakan siap melakukan perubahan dan salah satunya adalah menggunakan teknologi VAR.

“Musim 2017/18 adalah waktu dimana kami akan orientasi. Teknologi sudah datang di sepakbola dan anda harus bisa menerimanya.” demikian pernyataan Larrea dalam situs resmi La Liga.

Sebagai rencana awal, pihak La Liga akan menguji ke 70 pertandingan. Jika semua berjalan lancar, maka La Liga akan sebanding dengan Jerman dan Italia yang sudah lebih dulu mengikuti perkembangan zaman.

Leave a Reply